Selasa, 26 November 2013

“Kekuasaan, Kewenangan dan Legitimasi” [1]


            Secara gamblang, politik diartikan sebagai kekuasaan. Namun secara keilmuan dapat diartikan sebagai usaha atau energi dalam kemampuan untuk melakukan sesuatu( konseptual alam). Andew Heywood, mengutip pandangan radikal tentang kekuasaan diberikan oleh Lukes yang membedakan kekuasaan dalam tiga dimensi. Artinya bahwa definisi kekuasaan dapat menunjuk seluruh variasi manifestasi. Dengan kata lain kekuasaan adalah kemampuan untuk membuat seseorang melakukan sesuatu yang tidak dia inginkan. Thomas Hobbes memberikan definisi tentang kekuasaan sebagai kemampuan dari seorang agen untuk mempengaruhi perilaku bawahannya. Dari pendapat ini kekuasaan dapat disekati dengen pembuatan keputusan dan bukan pembuatan keputusan.

Meskipun politik tradisional konsern dengan praktek kekuasaan, secara terbatas hal ini dapat disebut dengan authority politik. Max Weber konsern tentang Negara Weber dan mendifinisikan negara sebagai sebuah lembaga yang memiliki monopoli dalam penggunaan kekuatan fisik secara sah yang menjadi legitimasi dasar bagi dominasi negara, yaitu otoritas atas masa lalu abadi (dominasi tradisional), otoritas kharismatik berupa ketaatan personal absolut dan keyakinan personal pada wahyu, heroisme, atau bisa juga kualitas lain yang istimewa dari kepemimpinan individual. Selain itu adalah dominasi karena legalitas yang didasari oleh hukum, yang kemudian menjadi dasar negara yang demokratis.

Negara memang sebuah organisasi besar yang memiliki perjanjian antara anggota (rakyat) dengan para penguasa negara yang dipilih secara demokratis. Gelora demokratis selalu menjadi kumandang dinegara modern. Namun demikian apakah gelora tersebut harus melindas dan membuang semua kearifan lokal yang ada di negeri lain dan menggantinya dengan kearifan yang sesuai di tempat asalnya namun belum tentu dapat langsung diadopsi di negeri tujuan?




[1] Andrew Heywood, Political Theory An Introduction 2nd Edition, (New York: Palgrave, 1999), Chapter 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar