Senin, 15 November 2010

Teori Ketergantungan

Judul Buku      : Teori Pembangunan dan Tiga Dunia
Pengarang       : Bjorn Hettne
Penerbit           : Gramedia, Pustaka Utama
Tahun Terbit    : 2001
Isi Buku          :
a.       Pendekatan ketergantungan
Pendekatan ini berawal dari perdebatan panjang di Amerika Latin mengenai masalah keterbelakangan. Pendekatan ini berisi kecaman pedas terhadap paradigm modernisasinEropa sentries, perspektif intelektual sebagai alternative yang berakar di Dunia ketiga serta berfungsi sebagai katalis dalam perkembangan teori pembangnan selanjtnya. Dalam buk ini dikatakan bahwa aliran ketergantungan berawal dari  pertemuan 2 kecenderungan intelektual utama, yaitu
·         Berlatarbelakang tradisi Marxis, dengan beberapa orientasi teorities , yaitu Marxisme klasik, marxisme Leninisme, neo Marxisme.
·         Disksi mengenai keterbelakangn di kalangan orang-orang Amerika Latin sendiri. (krisis ekonomi pada tahun 1930-an)
Menurut Dos Santos, ketergantngan merupakan situasi yang mengkondisikan, yang didalamnya ekonomi sekelompok Negara ditentkan oleh pembangunan dan perkembangan kelompol lain. Hubungan saling keterganutngan antara dua ata lebih system perekonomian menjadi hbngan ketergantngan bila beberapa Negara dapat berkembang hanya sebagai bayangan perkembangan Negara dominan, yang mngkin memiliki pengaru pada pembangunan beriktnya. Teori ketergantungan yang dijelaskan pada buku ini mengatakan bahwa teori ini melampaui ilmu ekonomi dalam payannya member penjelasan umum mengenai keterbelakangan. Posisi ketergantungan yang tipikal menekankan holism, factor eksternal, analisi sosiopolitis, kontradiksi regional, polarisasi antara yang membangun dan yang terbelakang serta peran factor subjektif dalam sejarah. Dalam aliran ketergantngan selalu memuat alur pemikiran yang berbedadan bersamaan dengan itu mengekspresikan sejumlah gagasan yang sama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar