Selasa, 29 Januari 2013

Pendekatan Kuantitatif dan Design penelitian Survey



Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pendekatan kuantitatif maka diperoleh data empirik yang memungkinkan kita untuk melihat kecendrungan umum yang melatarbelakangi perilaku memilih dalam pemilu melalui penganalisaan data dan angka.
Penggunaan pendekatan kuantitatif ini mempermudah peneliti untuk menganalisis korelasi antara berbagai variabel terukur, yang pada akhirnya memudahkan pelaksanaan penelitian ini. Penelitian perilaku politik mewajibkan peneliti mengukur perilaku yang sangat beragam, karena itu peneliti harus mengambil generalisasi dari perilaku-perilaku tersebut, dan proes ini lebih cocok dilakukan dengan Pendekatan ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey, metode penelitian survey dipakai untuk mengumpulkan data secara langsung karena yang menjadi populasi sangat besar untuk diobservasi secara langsung. Penelitian ini termasuk ke dalam tipe penelitian penjelasan (explanatory research), karena dengan penelitian ini dijelaskan hubungan kausal atau sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesi .Sedangkan berdasarkan dimensi waktu, jenis penelitian ini adalah penelitian Cross-Sectional yaitu penelitian ini hanya digunakan dalam waktu tertentu, dan tidak dilakukan penelitian lain di waktu yang berbeda untuk diperbandingkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar